Pilih Nikah Daripada Zina Lalu Ditinggal Begitu Saja, Apa Manusiawi?


RUU Nikah Siri
Pilih Nikah Daripada Zina Lalu Ditinggal Begitu Saja, Apa Manusiawi?
Niken Widya Yunita – detikNews

depag.go.id Jakarta – Banyak orang yang memilih menikah siri maupun nikah kontrak dengan berdalih daripada zina. Dalih ini dinilai salah. Alasan menghindarkan dosa zina justru bisa menimbulkan dosa lainnya seperti penelantaran pasangan dan anak.
“Manusiawi nggak kalau ada yang rekreasi di Puncak daripada zina lalu menikah? Setelah itu ditinggal begitu saja,” kata Dirjen Bimas Islam Kemenag Nasaruddin Umar melalui hubungan telepon, Selasa (16/2/2010).

Masalah kemanusiaan itulah yang juga melatarbelakangi Kemenpag mengajukan RUU Perkawinan yang di dalamnya akan mempidanakan pernikahan tanpa dokumen resmi seperti nikah siri dan nikah kontrak.

Menurut Nasaruddin, kasus meninggalkan pasangan begitu saja setelah pernikahan yang dicatatkan secara resmi sangat jarang. “Itu hanya 1 banding 1.000,” kata Nasaruddin.

Nasaruddin berharap, dengan dicatatnya pernikahan dalam dokumen resmi, maka akan mempermudah anak mendapatkan haknya seperti dapat warisan, hak perwalian, pembuatan KTP, paspor, serta tunjangan kesehatan dan sebagainya.

Bagaimana jika banyak pihak menolak RUU itu? “Kan kita sudah ada persetujuan dari ulama. Memang tidak ada UU yang didukung 100 persen rakyat makanya ada proses demokrasi yang kita lakukan. Kalau nggak jadi ya nggak apa-apa,” jelasnya. (nik/iy)

Tulis sebuah Komentar

Required fields are marked *

*
*

%d blogger menyukai ini: