PA Dumai : Kasus Perceraian 2010 Meningkat


PA Dumai : Kasus Perceraian 2010 Meningkat
Ketua Pengadilan Agama Dumai, Provinsi Riau, Endang Tamami mengungkapkan, kasus perceraian di kota itu mengalami peningkatan dari 570 kasus di tahun 2009 menjadi 660 kasus di tahun 2010.

“Peningkatan angka perceraian di wilayahnya lebih banyak didominasi oleh cerai gugat yang diajukan oleh pihak wanita,” katanya kepada ANTARA di Dumai, Kamis.

Endang menguraikan, angka itu terdiri atas kasus cerai gugat ada sekitar 467 kasus, sementara selebihnya atau sekitar 193 kasus merupakan kasus cerai talak yang diajukan oleh pihak pria.

“Dari 660 kasus perceraian yang masuk ke Pengadilan Agama, sebanyak 11 kasus berhasil dimediasi dan mereka rukun kembali,” terangnya.

Sementara pada beberapa kasus lainnya menurut Endang cendrung stabil.

Untuk kasus izin poligami ia menjelaskan, ada sekitar 6 kasus, pembatalan perkawinan 2 kasus, harta gonogini 11 kasus, permasalahan hak asuh anak ada sekitar 11 kasus, asal usul anak satu kasus, penetapan nikah sebelum tahun 1974 sebanyak 21 kasus, dispensi kawin 16 kasus, wali yang tidak mau menikahkan anaknya empat kasus, dan pewarisan sebanyak 11 kasus.

“Dari keseluruhan kasus yang masuk, yang berhasil dimediasi ada sekitar 69 kasus. Jumalh kasus yang berhasil dimediasi ini juga tidak jauh berbeda dengan tahun 2009,” paparnya.

Kasus perceraian di Kota Dumai menurut Endang merupakan terbesar kedua setelah Ibukota Pekanbaru yang sepanjang 2010 menangani lebih dari 1.000 kasus perceraian. (Ant)

Tulis sebuah Komentar

Required fields are marked *

*
*

%d blogger menyukai ini: