Selingkuh, Dominasi Alasan Cerai


Selingkuh, Dominasi Alasan Cerai
Editor: Glori K. Wadrianto
Selasa, 18 Januari 2011 | 10:21 WIB

MAMUJU, KOMPAS.com – Kasus perceraian banyak terjadi di Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat. Di tahun 2010 tercatat ada 203 perkara, yang jika ditambah dengan sisa perkara 2009 yang belum rampung, jumlahnya mencapai 277 kasus.

Uniknya pula, kebanyakan perceraian di Mamuju terjadi karena perselingkuhan alias datangnya orang ketiga di dalam rumah tangga. Perceraian model ini banyak terjadi pada pasangan berusia lebih dari 30 tahun. Sementara, sisanya terjadi pada pasangan usia 25-30 tahun karena persoalan cemburu.

“Dari jumlah perkara perceraian, umumnya karena hadirnya pihak ketiga sehingga berujung pada perceraian dan selebihnya karena faktor ekonomi, tidak ada tanggungjawab, cemburu, KDRT dan tidak ada keharmonisan dalam rumah tangga yang berkepanjangan,” ungkap Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama (PA) Mamuju, Rosdiana di Mamuju, Selasa (18/1/2011).

Rosdiana mengemukakan, perkara yang berhasil diputus hingga akhir 2010 sebanyak 199, delapan kasus lainnya dicabut setelah dilakukan mediasi. “Kami tidak serta merta memutus terjadinya perceraian apabila masih ada peluang untuk dirujukkan kembali bagi pasutri yang berperkara ini,” terangnya.

Tulis sebuah Komentar

Required fields are marked *

*
*

%d blogger menyukai ini: