Survei: Mayoritas Pemuda Muslim Tolak Poligami


Selasa, 14/06/2011 12:23 WIB
Survei: Mayoritas Pemuda Muslim Tolak Poligami
Ramadhian Fadillah – detikNews

Jakarta – Lewat hasil survei, Pemuda Muslim di Indonesia diketahui masih cukup konservatif memegang nilai-nilai agama Islam. Tapi mayoritas pemuda muslim ternyata menolak poligami.

“52,9 persen menolak poligami, sementara 32,9 persen yang sangat menentang poligami. Total 85,9 persen yang menolak poligami” ujar peneliti dan direktur Lembaga Survei Indonesia (LSI), Burhanuddin Muhtadi di Goethe Institut, Jl Sam Ratulangi, Jakarta Pusat, Selasa (14/6/2011).

Hanya 0,8 persen yang sangat mendukung dan 12,7 persen yang menyatakan setuju.

Survei ini merupakan kerjasama LSI, Goethe Institut, Friedrich Naumann Stiftung dan Fur Die Freiheit. Survei dilakukan pada 1496 responeden di seluruh Indonesia yang berumur 15 hingga 25 tahun. Pendidikan responden bervariasi dari SD hingga perguruan tinggi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung dari tanggal 18-26 November 2010. Margin of error sekitar 2,6 persen.

Secara umum, mayoritas kaum pemuda muslim masih cukup konservatif. Mereka menolak seks sebelum menikah. 98,3 persen responden menyatakan menolak seks sebelum nikah. Mereka juga menolak minum bir dan menghisap ganja.

“Sebanyak 98,9 persen juga menolak menjadi gay atau lesbian,” jelas Burhan.

Sementara itu, pemuda muslim juga menolak untuk menikah dengan pasangan yang berlainan agama. Hanya sedikit yang menyetujui pernikahan beda agama.

“90,1 persen menolak. Hanya 9,3 persen yang setuju,” terang Burhan.

(rdf/gun)

Tulis sebuah Komentar

Required fields are marked *

*
*

%d blogger menyukai ini: