Walikota Bogor Bisa Dipidanakan Bila Istrinya Melapor


Sabtu, 25/06/2011 12:51 WIB
Walikota Bogor Bisa Dipidanakan Bila Istrinya Melapor
Ken Yunita – detikNews

Jakarta – Walikota Bogor Diani Budiarto memang berpoligami dan memiliki tiga istri. Orang nomor satu di Kota Bogor, Jawa Barat itu tidak dikenai sanksi karena bukan lagi berstatus PNS. Namun Diani bisa saja dipolisikan oleh istrinya.

“Secara hukum dia tidak bisa kena (sanksi) karena berpoligami, tapi dia bisa kena kalau ada pelaporan dari istrinya,” kata Irianto, Ketua LSM Barisan Monitoring Hukum (BMH) yang berbasis di Bogor, kepada detikcom, Sabtu (25/6/2011).

Irianto mengatakan, Diani bisa dilaporkan dengan pasal 384 KUHP oleh istrinya jika benar menikah lagi tanpa izin. Namun sekali lagi, hal itu hanya bisa dikenakan jika istrinya tidak terima dan melaporkan.

“Kalau istrinya pasrah-pasrah saja ya tidak akan kena,” kata Irianto.

Lantas bagaimana dengan pernikahan ketiga Diani, atau pernikahan sebelum dengan Siti Indriyani, ketika Diani masih berstatus PNS? Hal itu pun rupanya juga tidak bisa menjadi persoalan hukum.

Menurut Irianto, saat hal itu diketahui dan heboh di publik, Diani sudah tidak lagi berstatus sebagai PNS.

“Kan baru ketahuan sekarang, dan kita tidak tahu apakah menikah resmi atau tidak. Jadi dia tidak bisa kena,” kata Irianto.

Diani Budiarto baru saja menikah keempat kalinya dengan seorang gadis muda berusia 19 tahun bernama Siti Indriyani. Meski ini pernikahan keempat, tapi Siti Indriyani merupakan istri ketiganya saat ini karena istri pertamanya telah cerai.

(ken/fay)

Minggu, 26/06/2011 14:22 WIB
Sutiyoso: Pernikahan ke-4 Walikota Bogor Tak Masalah Bila Sesuai Aturan
Suci Dian Firani – detikNews

foto: istimewa

Jakarta – Sepanjang dilakukan sesuai aturan agama dan negara, maka tidak ada yang salah dalam pernikahan ke empat Diani Budiarto. Namun tidak dapat dielakkan bahwa pernikahan itu telah mencoreng nama baik Diani dalam kapasitas selaku Walikota Bogor.

Demikian tanggapan Sutiyoso mengenai pernikahan ke empat Walikota Bogor Diani Budiarto. Mantan Gubernur DKI Jakarta yang kini menjadi Ketua Dewan Pembina Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) ini ditemui di sela
Rakornas II PKPI di Hotel Sahid, Jl Sudirman, Jakarta, Minggu (26/6/2011).

“Kalau soal itu (mencoreng nama baik -red), ya sudah pasti. Seorang pemimpin harus jadi teladan,” kata Sutiyoso.

Sebelumnya dikatakannya, pernikahan merupakan hak pribadi semua orang termasuk pernihakan yang ke empat sekalipun. Ada berbagai situasi yang bisa mendorong seseorang menikah kembali seperti pasangan yang sudah meninggal dunia atau situasi lain yang mengharuskan demikian.

“Bila penikahannya sesuai aturan, ya tidak ada masalah. Tapi bila tidak ada izin dari istri lama, artinya bukan teladan,” sambung Sutiyoso.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada Kamis (23/6) pekan lalu Walikota Bogor Diani Budiarto resmi menikah dengan dengan wanita berusia 19 tahun bernama Siti Indriyani. Selain perbedaan umur yang mencolok, hal lain yang menjadi kontroversi adalah fakta bahwa Diani masih terikat pernikahan resmi dengan 2 wanita lainnya.

Ny. Fauziah Budiarto -istri ke dua Diani- saat ini tengah menjalani perawatan di sebuah RS di Jakarta. Pada 2004, Diani mulai berpoligami dengan menikahi seorang wanita pengurus organisasi.

Sedangkan pernikahan Diani yang pertama berakhir dengan perceraian. Jabatan pria kelahiran 14 Januari 1955 ini sebagai Walikota Bogor periode 2009-2014 adalah untuk periode ke dua

Tulis sebuah Komentar

Required fields are marked *

*
*

%d blogger menyukai ini: