PKS: Tak Masalah Pimpinan KPK Poligami


Partai pro poligami yang kurang kerjaan. Calon Pimpinan KPK kalau doyan perempuan sudah pernah ada contohnya.PKS maunya apa yak?

Senin, 08/08/2011 12:46 WIB
PKS: Tak Masalah Pimpinan KPK Poligami
Elvan Dany Sutrisno – detikNews

PKS: Tak Masalah Pimpinan KPK Poligami
foto: detikcom

Jakarta – Rekam jejak calon pimpinan KPK tengah ditelusuri oleh tim dari Kejaksaan, Polri, BIN, dan Masyarakat Transparansi Indonesia. Namun PKS tak sepakat jika penelusuran menyentuh masalah poligami.

PKS menilai poligami adalah hak privat yang tidak boleh dicampuri oleh siapa pun. Termasuk oleh tim intelijen yang bertugas meneusuri jejak rekam calon pimpinan KPK tersebut.

“Itu kan wilayah privat, bukan bagian dari kompetensi. Membatasi dengan hal-hal yang bukan substansi justru nanti

kita mengada-ada,” ujar anggota Komisi III DPR dari FPKS, Nasir Jamil.

Hal ini disampaikan Nasir kepada detikcom, Senin (8/8/2011).

Nasir yakin sekali Komisi III DPR akan objektif dalam melakukan fit and proper test pimpinan KPK. Dengan demikian, pimpinan KPK yang berpoligami pun bisa tetap lolos jika memang memenuhi kriteria.

“Yang poligami maupun tidak, akan diperlakukan sama oleh Komisi III DPR. Kalau dipandang layak, maka akan tetap

diloloskan,” tegasnya.

Rekam jejak calon pimpinan KPK tengah ditelusuri. Tim dari intelijen Kejaksaan, Polri, dan Badan Intelijen Negara bersama Masyarakat Transparansi Indonesia menelisik masing-masing calon. Yang menarik, catatan isu poligami juga jadi pantauan.

“Poligami ikut ditelusuri,” kata peneliti Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI), Jamil Mubarok, saat dihubungi detikcom, Senin (8/8/2011).

Jamil menjelaskan, penyelidikan MTI atas 10 calon pimpinan KPK terkait poligami itu mencakup kehidupan pribadi calon. “Jadi kalau ada yang poligami ditrace, sesuai apa yang disampaikan Pansel,” imbuhnya tanpa merinci.

MTI sudah bekerja 1 minggu membantu Pansel KPK dalam menyelidiki calon. Tim bekerja secara tertutup tanpa diketahui calon. Mereka mencari informasi tentang prestasi para kandidat, terlebih prestasi pemberantasan korupsi. Juga mencari nilai-nilai kompetensi para kandidat, background akademi, dan keahlian.

Berikut 10 nama yang lolos untuk tes selanjutnya berdasarkan abjad:

1. Abdullah Hehamahua
2. Abraham Samad
3. Adnan Pandupradja
4. Aryanto Sutadi
5. Bambang Widjojanto
6. Egi Sutjiati
7. Handoyo Sudrajat
8. Sayid Fadhil
9. Yunus Husein
10. Zulkarnain

Selanjutnya dari 10 nama ini akan disaring menjadi 8 orang untuk diserahkan ke DPR. Nantinya DPR akan memilih 4 dari 8 calon yang diajukan Pansel sebagai pimpinan KPK.

Tulis sebuah Komentar

Required fields are marked *

*
*

%d blogger menyukai ini: